Module Quality Control Aplikom 1
Hi!! Welcome to My Blog!!!!
Nama Saya Helsa Putri Nabila (12201084) Jurusan Manajemen 2020. Blog ini dibuat untuk memenuhi tugas Aplikasi Komputer Module Quality Control, dengan Dosen Pengampu Bapak Septia Lutfi S.Kom., M.Kom,.
1. PT Banimotor memproduksi ban kendaraan bermotor. Setiap hari dilakukan pengecekan terhadap ban yang diproduksi. Seorang manajer produksi melakukan pengambilan sampel selama 10 bulan dengan pengambilan dua minggu sekali dengan hasil sebagai berikut :
No | Bulan | Produk Cacat |
1 | Januari | 4 |
2 | Februari | 1 |
3 | Maret | 3 |
4 | April | 12 |
5 | Mei | 0 |
6 | Juni | 6 |
7 | Juli | 1 |
8 | Agustus | 10 |
9 | September | 3 |
10 | Oktober | 1 |
Jika manajer menggunakan kontrol chart (P-Chart) dengan batas 3 sigma, bagaimana kesimpulan terhadap kualitas produksi PT Banimotor?
jawaban :
hasil perhitungan menunjukkan bahwa pengecekkan kualitas ban di PT BANIMOTOR hari ke 4 dan 8 diluar batas kontrol. Itu artinya kualitas ban yang diproduksi buruk.
2. Sebuah Bank Perkreditan Rakyat atau BPR Suka Maju selalu memberikan pelayanan yang terbaik. Untuk itu Direktur BPR tersebut melakukan pengawasan terhadap kinerja pelayanan Teller. Selama 10 bulan dengan pengambilan sampel satu bulan sekali jumlah pengaduan terhadap pelayanan kasir sebagai berikut :
No | Bulan | Produk Cacat |
1 | Januari | 6 |
2 | Februari | 1 |
3 | Maret | 3 |
4 | April | 0 |
5 | Mei | 10 |
6 | Juni | 6 |
7 | Juli | 1 |
8 | Agustus | 8 |
9 | September | 3 |
10 | Oktober | 1 |
Jika Direktur BPR menggunakan kontrol chart (P-Chart) dengna batas 2 Sigma, bagaimana kesimpulan terhadap kualitas pelayanan kasir di BPR Suka Maju tersebut?
jawaban :
Komentar
Posting Komentar