Tugas Module Waiting Lines
Hi!! Welcome To My Blog!!!
Nama Saya Helsa Putri Nabila NIM 12201084 jurusan Manajemen 2020. Blog ini saya buat untuk
memenuhi Tugas Aplikom Module Waiting Lines. Dengan Dosen Pengampu Pak Septia Lutfi, S.Kom,. M.Kom.
memenuhi Tugas Aplikom Module Waiting Lines. Dengan Dosen Pengampu Pak Septia Lutfi, S.Kom,. M.Kom.
1. Sebuah Supermarket memiliki 2 kasir yang dapat melayani rata-rata 50 orang/jam. Jika rata-rata kedatangan pembeli perjamnya adalah 40 orang. maka hitunglah :
a. tingkat kegunaan bagian pelayanan pom bensin tersebut !
b. jumlah rata-rata kendaraan dalam antrian !
c. jumlah rata-rata kendaraan dalam sistem !
d. waktu rata-rata yang dibutuhkan kendaraan dalam sistem !
e. waktu rata-rata yang dibutuhkan kendaraan dalam sistem !
Penyelesaian :
a. tingkat kegunaan bagian pelayanan pom bensin tersebut ! 4%
b. jumlah rata-rata kendaraan dalam antrian ! 0.15 orang
c. jumlah rata-rata kendaraan dalam sistem ! 0.95 orang
d. waktu rata-rata yang dibutuhkan kendaraan dalam sistem ! 0.23 menit (13.71 sec)
e. waktu rata-rata yang dibutuhkan kendaraan dalam sistem ! 1.43 menit (85.71 sec)
2. Sebuah Supermarket memiliki 1 kasir yang dapat melayani rata-rata 30 orang/jam. Jika rata-rata kedatanagn pembeli perjamnya adalah 25 orang. Maka hitunglah :
a. Tingkat kegunaan pelayanan supermarket tersebut !
b. jumlah rata-rata pelanggan dalam antrian !
c. jumlah rata-rata pelanggan dalam sistem !
d. waktu rata-rata yang dibutuhkan pelanggan dalam antrian !
e. waktu rata-rata yang dibutuhkan pelanggan dalam sistem !
Penyelesaian :
a. Tingkat kegunaan pelayanan supermarket tersebut ! 83%
b. jumlah rata-rata pelanggan dalam antrian ! 4.17 orang
c. jumlah rata-rata pelanggan dalam sistem ! 5 orang
d. waktu rata-rata yang dibutuhkan pelanggan dalam antrian ! 0.17 jam atau 10 menit
e. waktu rata-rata yang dibutuhkan pelanggan dalam sistem ! 0.2 jam atau 12 menit
3. Manajer sebuah restoran yang cukup sukses akhir-akhir ini merasa prihatin dengan panjangnya antrian. Beberapa pelanggannya telah mengadu tentang waktu menunggu yang berlebihan. oleh karena itu manajer khawatir suatu saat akan kehilangan pelanggannya. Analisis dengan teori antrian diketahui, tingkat kedatanagn rata-rata langganan selama periode puncak adalah 50 orang per jam. sistem pelayanan satu persatu dengan waktu rata-rata 1 orang 1 menit. Serta dapat dilayani oleh 2 orang kasir.
a. tingkat kegunaan bagian pelayanan restoran !
b. jumlah rata-rata dalam sistem !
c. jumlah rata-rata dalam sistem !
d. waktu menunggu rata-rata dalam antrian !
e. waktu menunggu rata-rata dalam sistem !
Penyelesaian :
a. tingkat kegunaan bagian pelayanan restoran ! 42%
b. jumlah rata-rata dalam sistem ! 0.18 orang
c. jumlah rata-rata dalam sistem ! 1.01 orang
d. waktu menunggu rata-rata dalam antrian ! 0.21 menit (12.61 sec)
e. waktu menunggu rata-rata dalam sistem ! 1.21 menit (72.61 sec)
4. Sebuah SPBU memiliki satu mesin pompa yang dapat melayani rata-rata 25 mobil/jam. Jika rata-rata kedatangan mobil perjamnya adalah 20 kendaraan, Maka hitunglah :
a. tingkat kegunaan bagian pelayanan pom bensin tersebut !
b. jumlah rata-rata kendaraan dalam antrian !
c. jumlah rata-rata kendaraan dalam sistem !
d. waktu rata-rata yang dibutuhkan kendaraan dalam antrian !
e. waktu rata-rata yang dibutuhkan kendaraan dalam sistem !
Penyelesaian :
a. tingkat kegunaan bagian pelayanan pom bensin tersebut ! 8%
b. jumlah rata-rata kendaraan dalam antrian ! 3.2 orang
c. jumlah rata-rata kendaraan dalam sistem ! 4 orang
d. waktu rata-rata yang dibutuhkan kendaraan dalam antrian ! 0.16 jam (9.6 menit)
e. waktu rata-rata yang dibutuhkan kendaraan dalam sistem ! 0.2 jam (12 menit)
Komentar
Posting Komentar